Minggu, 21 Agustus 2016

Sejarah Kurban

Kurban adalah ibadah yang sangat penting dalam sejarah kemanusiaan, sejak Adam ‘a.s., dimana putranya Qabil dan Habil pelopor pertama dalam ibadah kurban. Memahami sejarah kurban ini akan memberikan wawasan dalam pelaksanaan kurban itu. Kemudian muncul dalam sejarah Ibrahim ‘a.s. yang mengurbankan Ismail ‘a.s. sebagai pelanjut dan mata rantai sejarah kurban didalam Islam.

Banyak pelajaran yang kita peroleh dari sejarah kurban ini, dan selanjutnya Muhammad Saww sebagai Nabi terakhir dan penutup Rasul-rasul sebelumnya telah meletakkan dasar-dasar, landasan dan hukum yang lengkap serta hikmah-hikmah dari pelaksanaan kurban itu, dengan istilah dan pelaksanaan yang berbeda-beda. Didalam al-Qur ân kita temukan istilah al-Qurbân, al-Udhhiyah, al-Hadyu, al-Nahr, al-Nusuk dan al-Dam, al-Kifârat serta al-Fid yah.

Naskah ini mengungkap makna-maknanya serta pelaksanaanya, dan perbedaan yang satu dengan yang lainnya. Naskah ini berusaha mengungkap sejarah kurban, hukum dan hikmah-hikmah serta macam-macam kurban dan hubungannya dengan ibadah-ibadah yang lain, seperti hubungan kurban dengan ibadah haji. Hubungan kurban dengan salat, hubungan kurban dengan saum serta sosial Islam yang intinya adalah manifestasi dari ketakwaan kepada Allah Swt dalam memanifestasikan ma’rifatullâh dalam kehidupan sehari-hari.

Islam sebagai agama rahmatan li al-‘âlamîn, mengungkap masalah-masalah dunia dan akhirat, sehingga ibadah-ibadah yang diterapkannya juga mengandung kesejahteraan dunia dan akhirat, dan kurban mengandung demensi dunia dn akhirat.

Sebagai agama yang mengikuti perkembangan dunia, maka dalam kurban juga muncul ijtihad-ijtihad baru dalam perkembangan dunia, sehingga pada buku ini juga kita akan menemukan ijtihad-ijtihad baru tersebut.

Ukuran : 14,5 x 20,5 cm.
Tebal : vi+94 hal.
Harga : Rp. 30.000,- 

Pemesanan, silahkan hubungi :
Abi Tami  (Muhammad Haitami)
HP/WA 081312322631

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending