Jumat, 28 April 2017

TAZKIYAH - Mensucikan Jiwa, Meredam Hawa Nafsu



Apa tazkiyah itu? Tazkiyah berasal dari kata zakâyazkûzakâan - wa zakwan yang berarti tumbuh, berkembang saleh, baik, dan subur. Ada sembilan hal yang harus dibersihkan dalam diri kita yaitu: 1. Tazkiyah al-‘aqli, 2. Tazkiyah al-arwah, 3. Tazkiyah al-Qalb, 4. Tazkiyah al-Sir, 5. Tazkiyah al-Nafs, 6. Tazkiyah al-Amwâl, 7. Tazkiyah al-Nasal, 8. Tazkiyah al-Bî’ah/al-Ijtimâ’, dan 9. Tazkiyah al-Jasad.
 
Tazkiyah adalah pemantapan dan tangga berikutnya setelah memahami Ma’rifatullâh.
 
Tangga-tangga dalam tazkiyah meliputi: 1. Mengosongkan kalbu dari akhlak yang hina, 2. Menghiasi kalbu dengan akhlak terpuji, dan 3. Memurnikan hati hanya kepada Allah.

Pembahasan tazkiyah pada buku ini mengarah kepada Tafsîr al-Isyâriy, yaitu Tafsîr Shufy, dengan tidak meninggalkan pandangan-pandangan Mufassir-mufassir  lewat metoda Tafsîr bi al-Ma’tsûr, metoda  Tafsîr bi al-‘Ilmi, dan sedikit mengungkap Tafsîr bi al-Tahlîly (kritis).
 
Bagi pembaca yang belum mengikuti Kuliah-kuliah Ma’rifatullâh, atau belum membaca buku tersebut, dianjurkan terlebih dahulu membaca buku-buku tersebut sebelum membaca atau mendalami Al-Tazkiyah.
 
Untuk memudahkan pemahaman buku ini dari aspek tafsir,  hendaklah membaca buku kami ‘Ulûm al-Qurân, karena banyak istilah-istilah yang perlu difahami dari disiplin ilmu ini.

Ukuran : 10,5 x 14,5 cm. (Edisi Fotocopy)
Tebal : x + 330 hal.
Harga : Rp. 100.000,-

Untuk pemesanan hubungi: Haitami, WA. 081312322631.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending