Kamis, 08 Oktober 2020

MA’RIFAT AL-RUSUL: NABI ISHÂQ ‘A.S. – NABI YA’QÛB ‘A.S. – NABI YUSUF ‘A.S.

 


Setelah terbit buku “Ma’rifat al-Rusul” jilid I (Adam ‘a.s., Idris ‘a.s.), sebagai lanjutan terbitnya “Ma’rifat al-Rasul” (Muhammad Saww), maka buku yang ada dihadapan pembaca saat ini adalah “Ma’rifat al-Rusul” jilid IV (9.Nabi Ishâq ‘a.s. 10.Ya’qûb ‘a.s. 11. Yusuf ‘a.s.). Sedangkan khusus nabi Ibrahim a.s. jilid II dan Isma’il ‘a.s. jilid III.

 

Mengenal rasul-rasul yang 25 itu, adalah implementasi dari Rukun Iman kepada rasul-rasul, sehingga wajiblah bagi seorang mukmin untuk mengenal rasul-rasul itu, serta mencintainya dan mengambil pelajaran dari keteladanannya, terutama dalam rangka menghidupkan kembali semangat jihad para rasul-rasul itu, untuk ditebarkan kepada generasi muda Islam. Ini sangat penting, dikala semangat jihad sekarang sudah mulai pudar.

 

Sebagaimana buku-buku kami sebelumnya, disamping pendekatan sejarah, kami bertumpu pada pendekatan tafsir al-Qur ân, sesuai bidang kami. Dari sekian ayat yang mengungkap setiap rasul, kami tafsirkan dengan metoda mengungkapkan pandangan para mufassir, disamping pendekatan sejarah, bagaimana para ahli sejarah mengungkap setiap peristiwa sejarah.

 

Kami juga berusaha mengungkapkan atlas atau peta, dimana para rasul-rasul tersebut diutus, untuk lebih memahami dan mendalami rasul-rasul tersebut. Dari sejarah rasul-rasul ini, kita banyak memperoleh pelajaran dan hukum-hukum Islam, sebagaimana Imam Jalâluddin al-Suyûthy mengungkapkan didalam kitabnya “Al-Iklîl fi Intinbâth al-Tanzîl,“ bahwa banyak hukum-hukum Islam yang diperoleh dari ayat-ayat sejarah. Tidak lupa juga kami ungkapkan Ilmu Turunan, yang mengungkapkan perkembangan keturunan manusia sampai lahir, berkembangnya dan hancurnya satu bangsa.

 

Mengungkap 25 Rasul cukup banyak, maka “Ma’rifat al-Rusul“ ini kami cetak beberapa jilid berdasarkan kepada periodesasi ke-nabian, mereka bukan berdasarkan kepada daerah atau geografis. Sebenarnya berdasarkan geografis lebih mudah dan lebih hemat, tetapi akan muncul ketidak sinambungan didalam sejarah kerasulan, sehingga susunannya pada jilid IV ini sebagai berikut:

8.    Nabi Ishâq ‘a.s.

9.    Ya’qûb ‘a.s.

10.  Yusuf ‘a.s.

 

Ukuran : 14,5 x 20,5 cm.

Tebal : xii+216 hal.

Harga : Rp. 65.000,-

Pemesanan : Haitami (081312322631)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending