Sabtu, 25 Februari 2017

SAFARI ROHANI AYATUL HIRZ

Safar menurut bahasa adalah berjalan, atau bepergian. Islam adalah agama yang praktis dan mudah. Oleh karena itu fuqaha (ahli fiqih) menetapkan ijtihad dalam shalat safar (wajib) yang sesuai dengan kondisi perja­lanan tersebut, berdasarkan pemahaman dari Al-Qur'an dan Al-Sunnah.

Untuk ini lahirlah empat mazhab, sejak zaman sahabat sampai periode mujtahidin dan sekarang ini:

Pertama : Dua rakaat dalam safar itu wajib hukumnya, kecuali shalat Maghrib. Mereka menetapkan istilah “Azi-mah” atau satu kepastian.
Kedua : Dua rakaat dalam safar itu (kecuali Maghrib) rukhshah (keringanan), boleh dilaksanakan boleh tidak dilaksanakan.
Ketiga : Dua rakaat dalam perjalanan itu (kecuali Maghrib) sunnah hukumnya, karena seumur hidup Nabi setiap safar, shalatnya dua rakaat.
Keempat : Takhyir, atau bebas memilih.


Tetapi program safar, yang akan kita laksanakan melalui buku kecil ini, berbeda dengan istilah safar di atas. Safar disini ialah perja­lanan seorang mukmin menuju Allah SWT, melalui program dzikir (dalam rangka) taqarrub kepada Allah SWT.

Program safar melalui Al-Quran dapat dibagi empat :
Pertama : Program khataman Al-Quran, yaitu program tadarrus Al-Quran dengan tujuan mengkhatamkannya dalam waktu tertentu umpamanya tiap dua bulan khatam satu kali.
Kedua : Disamping melaksanakan program pertama seorang mukmin hendaknya juga memprogramkan setiap hari/malam atau pekan surat-surat tertentu seperti surat Yaasiin, Al-Waaqi’ah, Al-Mulk, Al-Kahfi, Ar-Rahman, Al-Jumu’ah dsb.
Ketiga : Sambil melaksanakan dua program tersebut di atas setiap mukmin hendaknya melaksanakan program safari, melalui ayat-ayat tertentu dalam Al-Quran.
Keempat : Puncak safari melalui Al-Quran ialah menjadikan Al-Quran ini sebagai sumber moral dan akhlaq sebagaimana Rasulullah SAW.


Pernah seorang sahabat bertanya kepada 'Aisyah ra., “Bagaimana akhlaq Rasulullah SAW ?”. 'Aisyah menjawab: Akhlaq Rasulullah adalah Al-Quran.

Buku ini adalah suatu program safari yang merupakan perpaduan dari surat tertentu Al-Fatihah, Yaa siin, Al-Waaqi’ah, Al-Mulk, Al-Tauhid (Al-Ikhlas), Al-Falaq, Al-Naas, dengan ayat-ayat tertentu ditambah dzikir-dzikir dan do'a-do'a ulama salaf, yang sangat berguna untuk ketenangan setiap mukmin, dalam mengarungi hidup yang penuh dengan ujian dan cobaan.

Judul Safari ini (اَيَاتُ الْحِرْزِ, Ayat-ayat Penangkal). Penghayatan terhadap ayat-ayat Al-Quran dalam buku ini serta dzikir dan do'a-do'anya merupakan pe­nangkal dari segala macam mara bahaya dunia dan akhirat.

Buku ini adalah buku pertama dari tiga buku yang menunjukkan tiga tingkatan safar. Tingkat awal atau pemula, yaitu Ayatul Hirz (Ayat-ayat Penangkal). Safari berikutnya, yaitu tingkat dua, bukunya berjudul Al-Hushun Al-Mani’ah. Sedangkan safari tingkat tiga, berjudul Al-Ahraz. Safari ini dikutip dari kitab terbitan Mekkah yang sangat jarang diketemukan.

Ukuran :        10,5 x 14,5 cm.
Tebal :           88 hal.
Harga :           Rp. 40.000,-

Untuk pemesanan hubungi: Abi Tami, HP. 081312322631, 08164203928, WA. 081312322631.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending