Selasa, 10 Mei 2016

SEJARAH SELAYAR Rakyat Bersatu Mengusir Penjajah



Menelusuri sejarah Selayar adalah melihat bagaimana rakyat bersatu, melihat lahirnya tokoh-tokoh pemimpin, dan pasang surutnya perjuangan. Bukan saja perjuangan mengusir kolonial, namun juga perjuangan penyebaran dan penegakan Islam, tumbuh berkembangnya organisasi Islam dan kiprah para pemimpin perjuangan maupun pemimpin Islam.

Sejarah Selayar nampak begitu menonjol dan semarak karena posisi geografis Selayar yang merupakan sebuah pulau kecil, terpisah dari pulau besar Sulawesi. Menjadi pertanyaan, mengapa penjajah “bernafsu” menguasai sebuah pulau kecil, tentu karena potensinya yang luar biasa.

Karena merupakan sebuah pulau kecil yang tidak mungkin minta bantuan dari daerah lain, maka saat dijajah Belanda maupun Jepang, serentak seluruh rakyat bersatu berjuang mengusir penjajah. Dari persatuan dan perjuangan rakyat semesta itulah sejarah melihat munculnya tokoh-tokoh yang memimpin perjuangan.

Penting untuk diketahui bahwa segala bentuk perjuangan mengusir penjajah itu didasari pada pengamalan ajaran Islam. Hal ini didasarkan pada bukti sejarah masuknya Islam di Selayar yang berdasarkan penelusuran sementara terjadi pada sekitar tahun 1.500 M saat Selayar menjadi bagian dari Kerajaan Buton.
Melihat gigihnya perjuangan para pendahulu, baik dalam penyebaran Islam maupun mengusir penjajah, hendaknya jiwa dan semangat ini bisa diimplementasikan dalam bidang-bidang lainnya, seperti: peningkatan pendidikan, dakwah, pemberdayaan ekonomi, sosial dll.

Ukuran : 14,5 x 20,5 cm.
Tebal : 220 hal.
Harga : Rp. 55.000,- 

Pemesanan, silahkan hubungi :
Abi Tami  (Muhammad Haitami)
HP/WA 081312322631

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending