Senin, 30 Desember 2019

RAMALAN PRABU JAYABAYA – Jilid 2


Siapa yang tidak kenal dengan ramalan Jayabaya ini: Jamane jaman edan, nek ora edan ora keduman. Artinya, zaman sekarang adalah zaman tidak karuan, yang tidak ikut-ikutan arus tidak akan mendapat bagian.

Menakutkan ya? Tentu! Berarti kalau kita tidak ikut-ikutan korupsi, karena sekarang sedang zaman korupsi, kita tidak akan pernah kaya?

Bukan begitu, karena Jayabaya melanjutkan: sak becik-becike uwong sing eling lan waspodo. Artinya, sebaik-baik orang adalah yang ingat (pada Allah atau ajaran agama) dan waspada dengan segala kondisi.

Ternyata yang lebih utama adalah yang tidak mengikuti arus begitu saja, ikut gila-gilaan, meskipun barangkali dianggap ketinggalan zaman.

Pada umumnya, para sarjana sepakat bahwa sumber Ramalan Prabu Jayabaya ini sebenarnya hanya satu, yakni Kitab Asrar (Musarar) karangan Sunan Giri Perapan (Sunan Giri ke-3) yang dikumpulkan pada tahun Saka 1540 = 1028 H = 1618 M. Setelah dilakukan penyempurnaan oleh para pujangga akhirnya kitab ini dikenal sebagai “Jangka Jayabaya” karena dibuat tatkala Prabu Jayabaya dari Kediri berkuasa tahun 1135-1157 M.


Dari kajian penulis kurang lebih 75% ramalan tersebut merupakan ungkapan tentang “Asyrâthu al-Sâ’ah“, yaitu syarat-syarat dekatnya kehancuran, atau “Alamâtu al-Sâ’ah” yaitu ciri-ciri dekatnya kehancuran dari hadis-hadis Rasulullah Saww. Hadis Nabi Muhammad Saww tentang ciri-ciri kiamat tersebut diriwayatkan Abu Na’im.

Penulis tertarik menyandingkan isi Ramalan Jayabaya tersebut dengan hadits yang penulis maksud. Dari segi kandungannya, baik Ramalan Jayabaya maupun hadis Rasulullah jauh melampaui zamannya. Terlebih tanda-tanda kehancuran yang disebutkan saat ini telah bermunculan.

Pada buku jilid I telah kami ungkap 42 tanda-tanda kiamat berdasarkan hadits Nabi dan Ramalan Jayabaya.

Alhamdulillah, setelah jilid I terbit dan mendapat banyak sambutan, banyak dukungan dan masukan untuk melanjutkan penulisannya. Maka untuk lebih sempurnanya prediksi Nabi tentang kehancuran itu, saat ini jilid II telah berada dipangkuan para pembaca.

Prediksi Nabi secara keseluruhan sebanyak 120, hanya para ulama berbeda pendapat. Ada yang memandang bahwa yang sahih hanya 70, dan ada yang memandang 80, dan ada yang memandang mencapai 100. Sedang ada yang memandang bahwa 120 itu dapat diterima semuanya.

Dengan banyaknya tanda-tanda kiamat yang saat ini sudah Nampak, akankah kiamat segera tiba? Wallahu a’lam. Selamat membaca buku ini. Kritik dan saran guna perbaikan buku ini sangat penulis harapkan.
  
Ukuran : 14,5 x 20,5 cm
Tebal : xvi + 170
Harga : Rp. 55.000,-
Hubungi : Haitami (0813 12322631)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending