Jumat, 10 Januari 2020

METODE PRAKTIS MEMBACA DAN MENULIS AL QURÂN SISTEM 9 JAM


Buku ini disusun dari pengalaman mengajarkan Al-Qurân selama 18 tahun, baik di sekolah maupun di masyarakat, yaitu saat masih aktif di Kemenag Kota Bandung. Jauh sebelum ada “Metoda Iqra”, “Qiraati”, dll. Maksud kami menyusun buku pelajaran ini, yaitu untuk mengantar para peminat kepada kemampuan membaca Al-Qurân secara langsung dalam waktu yang singkat.

Metoda yang dipakai buku ini adalah mengenalkan huruf Hijaiyyah yang jumlahnya 30 itu tidak secara sekaligus, namun secara bertahap. Misal didalam ta’awud (اَعُوْ ذُ بِاللهِ) terdapat huruf-huruf apa saja. Pada akhir pelajaran santri/murid diajarkan membaca dua ayat ini (Qs. Al Fathu [48]: 29 dan Qs. Ali ‘Imran [3]: 154) dimana seluruh huruf yang sudah dikenal dan diajarkan dapat dibaca!

Nabi bersabda, “Dalam dua ayat diatas seluruh huruf Hijaiyah ada di dalamnya”.


Qs. Al Fathu [48]: 29,
مُّحَمَّدٞ رَّسُولُ ٱللَّهِۚ وَٱلَّذِينَ مَعَهُۥٓ أَشِدَّآءُ عَلَى ٱلۡكُفَّارِ رُحَمَآءُ بَيۡنَهُمۡۖ تَرَىٰهُمۡ رُكَّعٗا سُجَّدٗا يَبۡتَغُونَ فَضۡلٗا مِّنَ ٱللَّهِ وَرِضۡوَٰنٗاۖ سِيمَاهُمۡ فِي وُجُوهِهِم مِّنۡ أَثَرِ ٱلسُّجُودِۚ ذَٰلِكَ مَثَلُهُمۡ فِي ٱلتَّوۡرَىٰةِۚ وَمَثَلُهُمۡ فِي ٱلۡإِنجِيلِ كَزَرۡعٍ أَخۡرَجَ شَطَۡٔهُۥ فََٔازَرَهُۥ فَٱسۡتَغۡلَظَ فَٱسۡتَوَىٰ عَلَىٰ سُوقِهِۦ يُعۡجِبُ ٱلزُّرَّاعَ لِيَغِيظَ بِهِمُ ٱلۡكُفَّارَۗ وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّٰلِحَٰتِ مِنۡهُم مَّغۡفِرَةٗ وَأَجۡرًا عَظِيمَۢا 

Qs. Ali ‘Imran [3]: 154,
ثُمَّ أَنزَلَ عَلَيۡكُم مِّنۢ بَعۡدِ ٱلۡغَمِّ أَمَنَةٗ نُّعَاسٗا يَغۡشَىٰ طَآئِفَةٗ مِّنكُمۡۖ وَطَآئِفَةٞ قَدۡ أَهَمَّتۡهُمۡ أَنفُسُهُمۡ يَظُنُّونَ بِٱللَّهِ غَيۡرَ ٱلۡحَقِّ ظَنَّ ٱلۡجَٰهِلِيَّةِۖ يَقُولُونَ هَل لَّنَا مِنَ ٱلۡأَمۡرِ مِن شَيۡءٖۗ قُلۡ إِنَّ ٱلۡأَمۡرَ كُلَّهُۥ لِلَّهِۗ يُخۡفُونَ فِيٓ أَنفُسِهِم مَّا لَا يُبۡدُونَ لَكَۖ يَقُولُونَ لَوۡ كَانَ لَنَا مِنَ ٱلۡأَمۡرِ شَيۡءٞ مَّا قُتِلۡنَا هَٰهُنَاۗ قُل لَّوۡ كُنتُمۡ فِي بُيُوتِكُمۡ لَبَرَزَ ٱلَّذِينَ كُتِبَ عَلَيۡهِمُ ٱلۡقَتۡلُ إِلَىٰ مَضَاجِعِهِمۡۖ وَلِيَبۡتَلِيَ ٱللَّهُ مَا فِي صُدُورِكُمۡ وَلِيُمَحِّصَ مَا فِي قُلُوبِكُمۡۚ وَٱللَّهُ عَلِيمُۢ بِذَاتِ ٱلصُّدُورِ 

Dengan tenaga guru yang terlatih, yang telah mampu menguasai metode global ini, insya Allah para siswa tingkat SMU/SLTP, juga yang sudah dewasa,  dengan 6 kali pelajaran (satu setengah jam tiap pelajaran) akan mampu membaca Al Qurân. Selanjutnya tinggal melancarkan dengan pelajaran Tajwid atau lagamnya.

Guru harus banyak menekankan pada latihan membaca yang telah dirangkaikan dan harus banyak melatih para siswa menulis pelajaran tersebut dengan menghindarkan menulis pelajaran dengan huruf latin. Menulis pelajaran dengan huruf latin adalah pantangan, karena siswa tidak akan dapat membaca Qurân untuk selama-lamanya, karena yang dibaca hanyalah latinnya saja.

Dari 20 buah lebih kitab ”Muqaddam”, yang kami teliti, maka metode semacam ini belum kami temukan. Buku ini kami peruntukkan bagi siswa tingkat dewasa (SLTP/SMU) sedangkan untuk SD, sedang kami susun dengan metode 16 jam, dan untuk tingkat TK dengan metode 32 jam (sekedar mampu merangkai huruf yang ringan-ringan).

Semogalah hasil karya yang sederhana ini, merupakan sumbangan yang besar artinya bagi pernbinaan peri kehidupan beragama di Indonesia, khususnya ummat Islam, dimana dapat membaca Al-Qurân merupakan dasar pertama untuk memahami agama Islam. Selanjutnya kepada para ahli kami mintakan tegur sapanya serta saran-saran dalam rangka lebih menyempurnakan buku ini.

Buku ini dicetak ulang pada tahun 2010 untuk Program Pemberantasan Buta Huruf Al Qurân di Kabupaten Kepulauan Selayar. Semoga bermanfaat sebaik-baiknya.

Ukuran : 14,5 x 20,5 cm.
Tebal : 44 halaman.
Harga : Rp. 20.000,-
Pemesanan : Muhammad Haitami (Abi Tami) – HP/WA. 0813 12322631


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending