Sabtu, 10 Oktober 2020

HIZIB AL-LATHÎF

 


Hizib merupakan doa, yang diselingi dengan ayat-ayat al-Qur ân tertentu, yang jika ayat itu dibaca, atau membaca doa-doa tertentu maka Allah Swt mengirim malaikat-malaikat, untuk mengawal dan mendoakan orang yang membacanya. Itulah sebabnya maka doa-doa semacam itu dinamakan hizb. Ibnu Manshûr mengatakan hizib adalah bacaan atau salat yang dijadikan semacam wirid untuk dirinya.

 

Dikalangan ahli Tarekat: ”Hizib merupakan bagian dari paket mujâhadah dan riyâdhah yang harus dilakukan untuk mencapai jenjang-jenjang taqarrub yang ditargetkan”.

 

Al-Lathîf, tindakan-tindakan-Nya yang lembut adalah satu diantara 43 ”Asmâ al-Husnâ”, yang termasuk ”Ismun Fi’liyah” yaitu nama-nama tindakan dan perbuatan.

 

Al-Lathîf Jalla Jalâluhu, adalah satu diantara yang terbesar dari pintu-pintu kelapangan, dimana nama al-Lathîf ini adalah yang menyampaikan kelembutan terhadap hamba-hamba-Nya sesuai dengan kekuasaan-Nya, dan Dia Maha Mengetahui rahasia-rahasia segala urusan. Didalam al-Lathîf itulah tersembunyi kelembutan yang tersembunyi serta rahmat kasih sayang-Nya yang luas tidak terbatas, sangat dalam tidak terduga.

 

Jika anda memperhatikan kelembutan Allah terhadap hambanya, sejak didalam perut ibu, dan dikala keluar lahir kedunia, dan kelembutan Allah dikala bayi mengelami aneka macam pengalaman hidup, niscaya disana nampak dengan penuh keanehan kelembutan Allah itu.

Dan tidak ada yang bernafas dimuka bumi ini yang lepas dari kelembutan Allah dan rahasia-rahasia yang terkandung didalamnya.

 

Maka jika anda ingin memperoleh bagian dari Lathifah-Nya, yang bernama al-Lathîf itu, hendaklah anda menebarkan kelembutan itu lewat kelembutan akhlak anda, dengan menebarkan kelembutan kepada fakir miskin dengan penuh perhatian dan kelembutan, terus memohon kepada Allah al-Lathîf, yaitu kelembutan itu dalam segala hal.

 

Ukuran : 10,5 x 14,5 cm.

Tebal : xii+100 hal.

Harga : Rp. 20.000,-

Pemesanan : Haitami (081312322631)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending