Kamis, 08 Oktober 2020

POLA TAFSIR 30 AYAT AL QURAN

 


Mempelajari al-Qur ân 30 juz keseluruhan dan mendalam, membutuhkan waktu yang sangat panjang, semangat yang membara serta tenaga yang fiks, sarana yang mamadai serta ilmu yang mendalam dan luas. Dunia moderen dan era globalisasi mendorong setiap manusia diliputi kesibukan luar biasa untuk meningkatkan tingkat hidup berdasarkan standar kualitas primer, sekunder dan tersier, lebih-lebih dalam era krisis ekonomi dunia.

 

Terdorong oleh pandangan Abi Ja’far Muhammad bin Jarîr al- Thabary (wft. 310 H, dalam tafsirnya Jami’ al-Bayân fi Takwil al-Qurân demikian juga Abi ’Abdullâh bin Ahmad al-Anshâri al- Qurthuby (ft. 671 H.) Al-Jâmi’ li Ahkâm al-Qur ân, serta pandangan Mufassir-mufassir yang lain, bahwa Allah Swt menguji kepada Ibrahim ’a. s. 30 inti ajaran Islam dan Nabiyyullâh Ibrahim ’a.s. lulus dalam merealisasikannya secara lengkap dan sempurna sehingga beliau diberi gelar ”Khalîlullâh” yaitu kecintaan, kekasih dan sahabat Allah Swt. Seperti itu juga ujian diberikan kepada Muhammad bin ’Abdullâh dan beliau merealisasikannya secara lengkap dan sempurna, sehingga beliau diberi gelar ”Rasûlullâh, dan Habîbullâh.”

 

Tujuan penulisan buku ini, disamping untuk memahami dan mengimplementasikan 30 inti ajaran Islam ini, juga agar pembaca dapat memahami dan mempelajari bahasa al-Qur ân, sehingga buku ini memuat pelajaran bahasa al-Qur ân dari kosa kata 30 ayat tersebut, dengan metoda sinonim, lawan bahasa, makna-makna istilah, serta tasrif perubahan kata-kata al-Qur ân serta kaidah-kaidah tata bahasa (Nahwu), tafsir singkat dari mufassir dalam bahasa aslinya, dengan harapan jika jamaah atau santri telah memahami dasar-dasar ini, akan dapat memahami ayat-ayat yang lain walaupun samar-samar atau menggunakan kamus bahasa Arab.

 

Diharapkan semua ayat al-Qur ân dan al-Hadîts dalam buku ini dapat diterjemahkan oleh pembaca dengan tidak melihat terjemahnya, tetapi difahami langsung dari aspek bahasanya.

 

Untuk menyempurnakan wawasan dan Ilmu al-Qur ân, juga diikut sertakan tajwid dari 30 ayat tersebut, sehingga santri atau jamaah sekaligus juga memiliki Ilmu Tajwîd al-Qur ân.

 

Ukuran : 14,5 x 20,5 cm.

Tebal : xiv+214 hal.

Harga : Rp. 65.000,-

Pemesanan : Haitami (081312322631)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending