Kamis, 08 Oktober 2020

MA’RIFAT AL-RUSUL: NABI IBRAHIM ‘A.S.

 


Mengungkap sejarah Ibrahim ‘a.s. sangat menarik, karena beliau adalah “Bapak nabi-nabi” yang mendapat gelar “Khalîlullâh” yaitu sahabat, teman dan kekasih Allah Swt. Beliau juga mendapat gelar “Abu al-Dhaif” yaitu bapak para tamu, karena hobbinya menghormati dan melayani tamu-tamu. Namun yang paling menonjol karena beliau “Pembangun Ka’bah,” kiblat kaum muslimin dimana saat ini dikunjungi tidak kurang tiga juta kaum muslimin menunaikan ibadah haji setiap bulan Haji, dan umrah Ramadhan mencapai 5 juta.

 

Didalam al-Qurân, sebutan nama Ibrahim ditemukan 69 kali yang tersebar di dua puluh lima surah, baik Makkiyah maupun Madaniyah, pada 64 ayat. Dua hal ini menunjukkan, betapa penting memahami dan mempelajari sejarah hidup dan tokoh sejarah yang telah mempertontonkan peri hidupnya sebagai teladan utama dalam menempuh perjuangan menegakkan kebenaran dan keadilan di dunia ini pada masanya.

 

Jika mengungkap sejarah Ibrahim ‘a.s., maka akan memperoleh banyak sekali pelajaran yang berharga dalam keteladanan, kepemimpinan, kesabaran, keuletan, dan yang paling berharga tentu makrifatnya sangat tinggi kepada Allah serta cinta sangat mendalam kepada Allah Swt.

 

Tulisan ini merupakan sekelumit dari sirah dan perjalanan hidup manusia teladan dan uswah hasanah yang dapat diraih dalam rangka menggapai sukses dalam perjalanan perjuangan menegakkan agama Allah dipermukaan bumi ini. Tulisan ini bertolak dari tafsir al-Qurân berdasarkan tinjauan sejarah dengan merujuk kepada kitab-kitab suci, baik al-Qurân, Taurat, Zabur (Perjanjian Lama), Injil (Perjanjian Baru), sejarah umum, silsilah keturunan, antropologi, bahasa dan atlas (peta).

 

Ukuran : 14,5 x 20,5 cm.

Tebal : xii+172 hal.

Harga : Rp. 55.000,-

Pemesanan : Haitami (081312322631)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending