Minggu, 11 Oktober 2020

KHUTBAH-KHUTBAH PENGGUGAH SEMANGAT

 


Setelah 50 tahun sebagai Muballigh dan Khatib di seluruh Indonesia, kami berusaha mengumpulkan naskah-naskah khutbah ‘Iedul Fitri dan khutbah ‘Iedul Adha kami sejak 1964 di beberapa daerah di Bandung dan Jakarta khususnya serta di beberapa daerah di Jabar dan di Selayar Sulawesi Selatan. Khutbah ‘Iedul Fitri di Lapang Siliwangi dan Lapang Lodaya Bandung, demikian juga di Lapang Ciumbuleuit dan beberapa tempat yang lain belum kami temukan. Kami baru menemukan 14 naskah khutbah ‘Iedul Fitri dan 6 khutbah ’Iedul Adha.

 

Khutbah yang terdeteksi baru 26 tahun sejak 1406 H / 1996 M, sedang tahun-tahun sebelumnya sedang dikumpulkan. Kami bermaksud menerbitkan kumpulan-kumpulan khutbah ini sebagai dakwah tertulis dan pelajaran bagi kaum muslimin keseluruhan, dan sekaligus catatan sejarah dakwah yang tujuan akhirnya ialah agar dapat menjadi pelajaran bagi muballigh-muballigh muda serta khatib-khatib muda dalam menyampaikan khutbah yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi dimana dia berkhutbah serta situasi kondisi sosial kultur politik saat itu baik internasional, nasional, regional dan lokal dimana tempat ia berkhutbah.

 

Khutbah ’Iedul Adha sangat sedikit karena 13 tahun sejak 1989 berturut-turut membimbing haji di KBIH Babussalam, sedang ’Iedul Fitri sering umrah akhir Ramadhan atau umrah Lailatul Qadri dan salat ’Ied di Mekah.

 

Jika kita teliti dan hayati khutbah-khutbah ini, sekaligus kita akan menemukan bagaimana situasi dan kondisi saat itu, karena khutbah ini mengungkap fakta dan menyampaikan pelajaran dan pendidikan bagaimana menghadapi situasi dan kondisi yang sedang marak. Dalam khutbah-khutbah ini tidak lepas dari al-targhîb dan al-tarhîb, sebagaimana metoda Ilâhiyyah dalam membimbing ummat sebagaimana Nabi-nabi dan Rasul-rasul laksanakan sejak dahulu. Ide-ide khutbah tidak lepas dari inti ajaran Islam diantaranya:

1. Memantapkan makrifat, akidah dan tauhid.

2. Memperteguh ibadah dengan keikhlasan.

3. Mendorong kesalehan sosial.

4. Motivasi keutamaan ilmu pengetahuan terutama  al-Qur ân dan ilmu-ilmu turunannya.

5. Mendorong kemajuan dalam ekonomi Islam.

6. Menjaga kesehatan individu dan kesehatan sosial.

7. Menciptakan rumah tangga sakinah mawaddah wa  rahmah.

8. Memantapkan dakwah, pendidikan amar makruf nahi munkar.

9. Membendung pengaruh-pengaruh negative globalisasi.

10. Meneguhkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

11. Meneguhkan wahdah al-ummah, shilah al-rahim.

 

Ukuran : 14,5 x 20,5 cm.

Tebal : 280 hal.

Harga : Rp. 80.000,-

Pemesanan : Haitami (081312322631)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending