Selasa, 27 Oktober 2020

TAFSIR ISTIADZAH

 


Manusia diciptakan oleh Allah Swt. sebagai hamba dan khalifah-Nya. Untuk meningkatkan nilai kehambaan dan kekhalifahannya, diantara onak duri yang dihadapi dan untuk meningkatkan ketakwaannya, manusia harus berhadapan dengan tipu daya syetan. Untuk berhadapan dengan syetan, Allah membekali manusia dengan semboyan dan titik tolak hidup, yaitu:

 

"Aku berlindung kepada Allah yang Maha Mendengar dan Maha Mengetahui dari godaan setan yang terkutuk"

 

Serta,

 

"Atas nama Allah sumber Rahmat Pemancar Kasih Sayang"

 

Semboyan ini merupakan warisan para rasul khusus bagi orang-orang beriman, sebagai pernyataan sikap tidak mau kompromi dengan setan, sikap penyerahan diri hanya kepada Allah Swt., dan hanya kepada-Nya seorang hamba berlindung dalam menghadapi berbagai gejolak kehidupan yang selalu diliputi oleh godaan dan keraguan.

 

Dengan semboyan ini, orang-orang beriman bangkit menentang setan, iblis dan dajjal baik setan jin maupun setan manusia yang lebih berbahaya. Orang-orang mukmin ini bangkit di tengah-tengah masyarakat sebagai penegak amar maruf dan pelopor nahi munkar; penghancur kemungkaran, dan penghancur para penghambat pembangunan yang rakus terhadap dunia.

 

Mereka selalu siap menghadapi rintangan-rintangan yang dipelopori oleh setan durhaka dan pasukannya dan selalu berusaha menegakkan kebenaran, meredam kesalahan dan kemunkaran. Mereka bangkit melaksanakan tugas-tugas yang diamanatkan di atas pundak mereka yaitu memakmurkan dan menyingkapkan rahasia-rahasia alam semesta dengan mematuhi titah-Nya, menentang setan durjana, seperti yang dinyatakan didalam isti'âdzah atau ta'awwudz, dan melepaskan diri dari kepentingan pribadi, sebagaimana dinyatakan dalam basmalah atau tasmiyah.

 

Sikap semacam inilah yang menyebabkan orang beriman senantiasa berada dibawah naungan Allah Swt, aman dari kejahatan jiwa ammarah dan pengaruh setan serta terus bekerja sebagai khalifah fil ardh di muka bumi, sebagaimana Adam a.s.

 

Ukuran : 14,5 x 20,5 cm.

Tebal : 248 hal.

Harga : Rp. 75.000,-

 

Untuk pemesanan hubungi: Abi Tami, HP/WA. 081312322631.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending