Kamis, 08 Oktober 2020

PETA MUFASSIR AL QURAN

 


Bagi orang yang ingin mendalami al-Qur ân, maka mau tidak mau wajib memahami Tafsir-tafsir al-Qur ân. Sebelum memahami seluruh Tafsir yang ada di dunia, maka wajib memahami ringkasan-ringkasan Tafsirnya dan mazhab para Mufassir, demikian juga sejarah para Mufassir, latar belakangnya serta daerah dimana seorang Mufassir itu berkembang. Demikian juga wajib memahami masa seorang mufassir itu hidup, serta PETA MUFASSIR tersebut.

 

Buku ini secara singkat mengungkap Peta Mufassir (Ahli Tafsir) tersebut serta nama tafsirnya, mazhab mufassir, tahun dan tempat atau daerah mufassir tersebut, masa hidupnya serta cetakannya, demikian juga bahasa yang digunakan dalam tafsir tersebut. Bahasa Arab sebagai bahasa Internasional Ummat Islam, maka Tafsir yang diutamakan adalah tafsir bahasa Arab.

 

Mudah-mudahan ada umur yang panjang, insya Allah berikutnya kami bermaksud mengungkap kesimpulan tafsir-tafsir tersebut serta metoda tafsirnya sebagaimana 16 metoda tafsir al-Qur ân.

 

Dengan membaca buku ini kita dapat mengenal Ahli-ahli Tafsir al-Qur ân sedunia, latar belakang pendidikannya, pengembaraannya menuntut ilmu serta perubahan faham-faham dan mazhabnya. Demikian juga dapat mengetahui metoda dan klasifikasi tafsirnya serta mazhab, daerah dan masanya, dan yang paling utama adalah Peta Para Mufassir tersebut. Dari data-data ini, juga kita dapat memilih kitab-kitab yang dikarangnya untuk memperluas wawasan kita dalam Tafsir al-Qur ân dan Fikhi Islam.

 

Jika kita teliti lebih dalam, kita sedih karena Mufassir Indonesia yang ditulis dalam buku ini hanya satu yaitu: Al-Syaikh Muhammad bin ‘Umar Nawawî al-Jâwî atau terkenal-dengan Imam Nawawî al-Bantânî (Imam Nawawi dari Banten), karena sampai pada saat ini hanya beliau yang diakui sebagai Mufassir, yang menulis tafsirnya dalam bahasa Arab.

 

Kita juga merasa heran karena Iran, dan Negara-negara lain seperti India yang bukanlah bangsa Arab, tetapi Tafsir-tafsir al-Qur ân dalam bahasa Arab yang ditulis oleh mereka dari aneka mazhab cukup banyak.

 

Ukuran : 14,5 x 20,5 cm.

Tebal : x+158 hal.

Harga : Rp. 50.000,-

Pemesanan : Haitami (081312322631)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About

Pages

Most Trending